Sosialisasi Kewirausahaan Sejak Dini Dalam Rangka Mengembangkan Mentalitas Wirausaha anak


Sosialisasi Kewirausahaan Sejak Dini Dalam Rangka Mengembangkan Mentalitas Wirausaha anak

SMPN 2 Kalibawang, Sabtu, 22 Juli 2023

Kewirausahaan merupakan suatu sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya. Seseorang yang memiliki karakter wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya, dimana wirausahawan terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Kegiatan wirausaha dapat dilakukan sejak dini melalui program-program yang diterapkan di sekolah karena wirausaha bukan hanya mengutamakan penghasilan berupa materi, tetapi lebih mementingkan etos kerja.

Pendidikan wirausaha dapat dilakukan sejak dini pada anak yaitu dengan tahapan pengenalan, bukan sebagai pelaku. Pendidikan kewirausahaan bagi anak ialah pembentukan mental wirausaha karena dalam pendidikan wirausaha tidak sekedar mengajarkan anak tentang cara berbisnis. Lebih dari itu anak dilatih untuk memiliki mental dan karakter diri yang kokoh. Anak diajari untuk mengenali diri sendiri, mengendalikan emosi dan stres, mengelola waktu, komunikatif dan luwes dengan berbagai situasi, serta mampu memilih dan membuat keputusan. Membangun jiwa kewirausahaan pada siswa lebih kepada bagaimana membangun sifat dan karakter yang mandiri, bertanggung jawab melalui pendidikan wirausaha secara teoritis maupun praktis.

Untuk mendukung berjalannya program tersebut, tim KKN-PPM UGM 2023 Gemilang Kalibawang melaksanakan sosialisasi di SMPN 2 Kalibawang mengenai Kewirausahaan sejak dini yang sesuai dengan nilai tanggung jawab, disiplin, mandiri, kejujuranan, kerjasama, berani/percaya diri, menghargai prestasi, dan berani mengambil resiko. Tujuan dari sosialisasi Kewirausahaan Sejak usia dini merupakan proses untuk membuat perubahan pola pikir dengan mempersiapkan sumberdaya manusia terutama siswa mempunyai mental wirausaha. Dengan menumbuhkembangkan mentalitas wirausaha sejak dini, terutama di usia muda akan menciptakan tumbuhnya individu-individu yang kreatif dan kaya inovasi dalam menghadapi hambatan-hambatan dan kendala dalam sebuah usaha. Keberanian dalam berwirausaha akan mengajarkan kreativitas sejak dini pada siswa serta dapat membekali mereka dengan rasa percaya diri menjadi seorang pengusaha seperti yang mereka cita-citakan. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar, dimana siswa sangat tertarik dalam mendengar penjelasan yang disampaikan, selain itu siswa juga sangat aktif saat sesi diskusi dan tanya jawab mengenai pengalaman menjadi wirausahawan di usia muda.


Total Dibaca

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://kalikarung-kalibawang.wonosobokab.go.id

Kalikarung, Kec. Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56373