Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Gerakan Makan Ikan


Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Gerakan Makan Ikan

Dusun Pelabuhan, Rabu, 2 Agustus 2023

Salah satu permasalahan yang hingga saat ini terus diupayakan pencegahannya adalah kasus stunting. Stunting merupakan isilah bagi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi. Berdasarkan data, tercatat bahwa satu dari empat anak Indonesia mengalami stunting. Salah satu penyebab dari stunting sendiri adalah akibat kurang terpenuhinnya asupan nutrisi. Dalam gerakan pencegahan stunting, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan stunting melalui pesan ABCD. A adalah aktif minum TTD (Tablet Tambah Darah), B bumil teratur periksa kehamilan minimal enam kali, C cukupi konsumsi protein hewani, D datang ke posyandu setiap bulan, E ekslusif ASI 6 bulan.

Pada poin C, yakni cukupi protein hewani, salah satunya adalah protein hewani yang bersumber dari ikan. Hal itu karena ikan mengandung gizi yang tinggi, harganya sangat terjangkau, rasanya lezat, dan mudah diperoleh. Ikan sendiri dapat mengandung protein hingga mencapai 98%. Di samping itu, ikan juga mengandung berbagai vitamin, mineral, kolesterol baik, dan omega. GEMARIKAN yang merupakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan merupakan salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan konsumsi ikan serta pemenuhan gizi bagi masyarakat Indonesia sebagai upaya pencegahan stunting. GEMARIKAN menjadi tujuan nasional yang sudah digalakkan sejak tahun 2004 hingga saat ini.

Pemerintah tentu saja sudah merancang program sedemikian rupa guna mengurangi angka stunting di Indonesia. Oleh karena Desa Kalikarung termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memiliki angka kejadian stunting yang cukup tinggi, upaya sosialisasi GEMARIKAN ini dirasa tepat dilaksanakan karena disamping mampu membantu mengurangi angka kejadian sunting, potensi perikanan di Desa Kalikarung cukup besar. Untuk mendukung berjalannya program tersebut, tim KKN-PPM UGM 2023 Gemilang Kalibawang melaksanakan sosialisasi mengenai Pencegahan stunting melalui GEMARIKAN. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya stunting dan pentingnya makan ikan sehingga masyarakat dapat terdorong untuk secara bersama-sama serentak mengatasinya. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di rumah Kepala Dusun Pelabuhan, Bapak Ridwan, dengan peserta sosialisasi kurang lebih 24 orang. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar, para peserta antusias menyimak penjelasan dari mahasiswa KKN. Sosialisasi ditutup dengan makan-makan yang telah disediakan oleh tuan rumah.


Total Dibaca

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://kalikarung-kalibawang.wonosobokab.go.id

Kalikarung, Kec. Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56373