Pembuatan Perencanaan Perkuatan Lereng dengan Dinding Penahan Tanah


Pembuatan Perencanaan Perkuatan Lereng dengan Dinding Penahan Tanah

Balai Desa Kalikarung, Kamis, 27 Juli 2023

Di Desa Kalikarung terdapat beberapa kasus tanah longsor. Pada bulan Maret 2018 pernah terjadi longsor di dua titik yaitu di Dusun Brabakan dan Dusun Grenjeng. Selain itu, tercatat pernah ada tanah longsor di Dusun Sibentek pada tanggal 23 Maret 2023 yang menyebabkan tembok samping rumah warga jebol dan material tanah masuk ke rumah. Penyebabnya adalah karena cuaca hujan yang melanda daerah tersebut.

Upaya yang dapat dilakukan sebagai upaya preventif tanah longsor adalah dengan menggunakan dinding penahan tanah (DPT). Dinding penahan tanah dapat mencegah pergerakan dan pergeseran lereng atau tanah longsor. Pegunungan cenderung menerima curah hujan yang tinggi sehingga dengan adanya DPT dapat membantu mengendalikan aliran air dan meminimalisir terjadinya tanah longsor pada lereng. Penerapan DPT dengan pasangan batu kali dapat diterapkan pada titik rawan longsor di Dusun Pucungroto yaitu di titik koordinat 7o30’27’’S dan 109o56’46’’E.

Hasil dari perkuatan lereng terdiri dari desain rencana dinding penahan tanah, perhitungan dimensi dinding penahan tanah, dan rencana anggaran biaya. Hasil perencanaan tersebut diserahkan kepada perangkat desa, yaitu Bapak Ngabidin selaku Kepala Dusun Brabakan. Saat penyerahan hasil tersebut, dijelaskan mengenai perancangan DPT yang dibuat serta sesi tanya jawab. Dengan adanya perencanaan perkuatan lereng dengan DPT tersebut, diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat terkait rancangan DPT dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan jika ingin membangun dinding penahan tanah.


Total Dibaca

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://kalikarung-kalibawang.wonosobokab.go.id

Kalikarung, Kec. Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56373