Pemasangan Jamban di Desa Kalikarung


Pemasangan Jamban di Desa Kalikarung

Dusun Brabakan, Jumat-Sabtu, 21-22 Juli 2023

Desa Kalikarung merupakan desa yang memiliki salah satu permasalahan terkait open defecation atau buang air sembarangan. Faktor penyebab maraknya buang air sembarangan tersebut antara lain karena sudah terbiasa maupun karena tidak memiliki jamban yang layak. Pemerintah Desa Kalikarung telah membagikan jamban, paralon, dan septictank kepada masyarakat Dusun Brabakan. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum memasang karena kurangnya bahan seperti semen ataupun tidak memiliki waktu untuk pemasangannya.

Setelah melakukan observasi dan sosialisasi tentang pentingnya pemasangan jamban dan sanitasi di Dusun Brabakan, kami mendapatkan data bahwa ada 10 rumah warga yang sudah mendapatkan bantuan jamban dan septictank namun belum terpasang. Oleh karena itu, TIM-KKN PPM UGM 2023 Gemilang Kalibawang membantu masyarakat Dusun Brabakan dalam bentuk dorongan, materil, dan tenaga untuk pemasangan jamban tersebut. Motivasi diberikan kepada masyarakat untuk membangun jamban dilakukan saat sosialisasi pada tanggal 15 Juli 2023. Sepuluh sak semen dibagikan kepada masyakarat Dusun Brabakan. Setiap rumah mendapatkan satu sak semen. Masing-masing warga memasang sendiri bantuan jamban dan septictank dengan beberapa bantuan tenaga dari tim KKN-PPM UGM 2023 Gemilang Kalibawang.

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan masyarakat lebih paham dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan terutama ketika buang air besar. Pembangunan jamban yang telah terlaksana diharapkan dapat digunakan masyarakat secara bijak dan tidak ada lagi masyarakat yang membuang air sembarangan.


Total Dibaca

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://kalikarung-kalibawang.wonosobokab.go.id

Kalikarung, Kec. Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56373